Gunung Wisata

Rekreasi Tangkuban Bahtera Bandung

Wisata Tangkuban Perahu Bandung – Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu kawasan wisata populer di kawasan Bandung dan kurang lebihnya ini mempunyai tak sedikit sekali peminat baik itu wisatawan kita maupun luar negeri. Tidak cuma alasannya adalah namanya yang sudah tersohor alasannya legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu terbuktilah tempat rekreasi di Bandung yang sangat Indah sekali.Gunung Tangkuban Perahu yaitu salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.

Berjarak kurang lebih 20 km menuju ke arah utara adalah Kota Bandung, dengan rimbun dan tak sedikit pohon pinus dan hamparan hijau kebun teh yang ada di kurang lebihnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian tak lebih lebihnya yakni kurang lebih 2.084 meter. Bentuk dari gunung ini yakni Stratovulcano dengan mempunyai sentra erupsi yang berkala berpindah dari timur ke barat. Tipe dari bebatuan yang dikeluarkan lewat letusan dari gunung ini tidak sedikit yaitu lava dan sulfur, mineral yang tak sedikit dikeluarkan ialah semacam belerang belerang, mineral yang dikeluarkan pada waktu gunung sedang tak aktif yakni uap sulfur.

Daerah tempat rekreasi Gunung Tangkuban Perahu dikontrol oleh Perum Perhutanan. Tingkat suhu rata-rata pada setiap harinya ialah kurang lebih 17 derajat celcius pada waktu siang hari dan bersuhu kurang lebih 2 derajat celcius pada malam hari. Gunung Tangkuban Parahu juga mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Montane, hutan Dipterokarp Atas, dan Hutan Ericapimpinanus alias hutan gunung.

 Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata terkenal di kawasan Bandun Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Pemandangan rekreasi Tangkuban Perahu Bandung, gambar: surgatraveller.com

Sejarah gunung Tangkuban Perahu

Asal-permintaan dari Gunung Tangkuban Parahu rutin terkait dengan suatu  legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya telah jatuh cinta terhadap ibunya sendiri yang berjulukan Dayang Sumbi. Kemudian demi untuk menggagalkan rencana dan niat anaknya sendiri untuk melamarnya, Dayang Sumbi memberbagi syarat semoga Sangkuriang bisa membikin sebuah  bahtera dalam abad waktu semalam
Pada waktu bisnisnya telah gagal, Sangkuriang lalu murka dan kemudian menendang perahu setengah jadi yang dibuatnya tersebut yang kemdudian mendarat dalam kondisi terbalik. Perahu yang telah di tendang Sangkuriang inilah yang lalu membentuk suatu  Gunung Tangkuban Parahu.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Parahu ini tetap termasuk dalam kategori gunung berapi aktif yang statusnya terus diawasi terus oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Diantara beberapa kawahnya juga tetap memberikan tanda tanda dari aktifnya gunung ini. Beberapa tanda dari kegiatan gunung berapi ini adalah semacam hadirnya gas welirang dan sumber-sumber air panas yang berada di kaki gunungnya, di antaranya ialah yang tersedia di kasawan Ciater, Subang. Keberadaan dari gunung ini dan bentuk dari topografi Bandung yang semacam cekungan dengan tidak sedikit bukit dan gunung pada setiap sisinya terus menguatkan teori bahwa adanya suatu  telaga besar yang sekarang yakni daerah Bandung.

Para pakar geologi meyakini bahwa tempat dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian tak lebih lebihnya kurang lebih 709 m di atas permukaan air laut yakni sisa-sisa dari danau besar yang terbentuk dampak pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba yang dikenal dengan nama Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu cuma yaitu sisa dari Gunung Sunda purba yang sampai sekarang tetap aktif. Fenomena semacam ini juga bisa dilihat pada Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro yang berada di Tanzania, Afrika. Jadi legenda dari Sangkuriang yang yakni suatu  kisah penduduk yang ada tempat itu diyakini yakni sebuah  dokumentasi dari masyarakat yang nasib di daerah Gunung Sunda Purba terhadap beberapa momen pada waktu itu.

Perjalanan ke Tangkuban Perahu

 Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata terkenal di kawasan Bandun Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Perjalanan wisata tangkuban perahu, gambar: triastuti288.blogspot.com

Perjalanan kurang lebih 1,2 kilometer dari Kawah Ratu ke Kawah Domas (atau sebaliknya) hadirin bisa menikmati panorama indah, dan berpetualang dengan menempuh jalan setapak yang terbuat dari kerikil vulkanik dalam nuansa hutan hujan Tangkuban Perahu. Pada lereng gunung juga tersedia hamparan perkebunan teh yang membikin Kamu ingin berlama-lama menikmati keindahannya. Mengunjungi Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa memakai mobil, sepeda motor atau angkutan lazim.

Wilayah wisata tangkuban bahtera posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang. Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan cuek. Setelah itu mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.

Apabila Kamu pergi ke Tangkuban Perahu dengan memakai bus, Kamu turun di Terminal Jayagiri. Dari sana teruskan dengan naik bus kecil ke Kawah Ratu, namun Kamu wajib bersabar alasannya kebanyakan mini bus bakal gres bakal pergi kalau muatannya telah alias hampir penuh. Menyewa kendaraan beroda empat dari Lembang ke kawah dapat menjadi pilihan keren yang mampu disesuaikan dengan budget Anda.

Daftar Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Utnuk dapat masuk serta menikmati segala keindahan alam pegunungan rekreasi tangkuban Perahu pengunjung wajib bayar harga tiekt masuk yang tidak mengecewakan terjangkau serta terjangkau. Berikut ini ialah daftar harga tiket masuk Tangkuban Perahu yang mampu kamu jadikan teladan sebelum berkunjung :

Hari Biasa

  • Pengunjung setempat  Rp. 20.000,-
  • Pengunjung Asing Rp 200.000,-

Hari Libur

  • Pengunjung lokal  Rp. 30.000,-
  • Pengunjung Asing Rp 300.000,-

Harga tiket parkir ke rekreasi gungung tangkuban bahtera:

Pengunjung lokal

  • Sepeda : Rp. 7000,-
  • Motor : Rp. 12.000,-
  • Mobil : Rp. 25.000,-
  • Bus : Rp. 110.000,-

Pengunjung asing

  • Sepeda :  Rp. 10.000,-
  • Motor : 17.000,-
  • Mobil : 35.000,-
  • Bus : 150.000,-

3 Wisata yang bisa kau nikmati di Wisata Tangkuban Perahu:

  1. Wisata Pemandangan. Kamu yang menyukai suasana pegunungan pasti saja sangat menyasyikkan duduk santai di tempat ini sambil menikmati panorama alam pegunungan, sambi sesekali bergambar.
  2. Wisata Kuliner. Bagi penyuka masakan di lokasi ini kami dapat memperoleh aneka kuliner enak khas pegunungan semacam umpama jagung bakar, sate, sop, serta lain sebagainya.
  3. Kawah. Sebagai salah satu gunung berapi yang tetap aktif, Tangkuban bahtera juga memilki banyak sekali kawah yang tetap aktif. Ada 3 kawah mutlak yang paling mahir untuk dilihat di daerah ini Kawah Ratu, Kawah Upas, serta Kawah Domas.

Waktu yang tepat ke wisata Tangkuban Perahu:

 Wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata terkenal di kawasan Bandun Wisata Tangkuban Perahu Bandung
Waktu yang tepat rekreasi tangkuban perahu, gambar: dwijayantiw.wordpress.com

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi Tangkuban Perahu merupakan ketika animo kemarau (Mei-November). Disarankan pergi pagi hari dari Bandung biar menyingkir dari kemacetan kemudian lintas yang mungkin terjadi. Pada trend hujan, terutama bulan Desember serta Januari, puncak Tangkuban Perahu umumnya bakal diliputi kabut, jalan menuju Kawah Domas juga menjadi sungguh licin. Apabila Kamu belum puas menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu dalam satu hari, Kamu juga mampu menginap serta melanjutkan keesokan harinya. Di kurang lebih kawasan ini tidak sedikit tersedia hotel untuk bermalam, dengan tarif murah sampai hotel kelas atas dengan nilai pelayanan paling baik.

Sekian pembahasan perihal rekreasi perjalanan ke gunung Tangkuban Perahu, biar informasi di atas mampu bermanfaat bagi pembaca yang ingin bersiwsa ke Tangkuban Perahu, Bandung, Indonesia.

Post Comment